Jakarta ku…

Assalamualaikum wr wb….

Met Idul Fitri Semuanyaaaa…!!

jakarta kota

nah…tadi ceritanya gw baca sebuah quick note di MP…katanya hari ini udah 10 hari di bulan syawal…hemm gak terasa ya…sebenarnya banyak yg gw rindukan dari momen2 lebaran kemaren…terlebih momen ramadhan yang berikutnya hanya bisa dirasakan di 11 bulan ke depan…

nah kalo momen lebaran itu…satu yang gw rindukan selain hal2 spritual dan sosial yang begitu terasa kemarin adalah…momen ketika jalan2 jakarta begitu lengangnya hingga lo bisa guling2an dari pulogadung sampe kampung melayu…atau ngesot dari tanjung priok sampai rawamangun…yaah saking sepinya…sehingga lo harus repot nyari2 toko yang rela buka ketika lebaran atau memang yang punya toko lagi gk mudik sehingga tokony tetap buka…

tapi btw aniwei…gw tetep menyukai situasi seperti itu…ketika hari kamis dan jumat (karena gw belom boleh cuti) gw jalan ke kantor…gw gk nyangka gw bakal ngabisin waktu di perjalanan hanya 7 menit aja…sisa 3 menit gw abisin di parkiran dan ngabsen fingerprint yang ogaaaah banget ngebaca garis2 jari di jempol gw…total 10 menit gw abisin waktu dari rumah hingga ruangan…padahal biasanya 20 menitan…

phewww…

waktu itu gw berandai2…kalo jakarta seterusnya bakal kayak gini…terminal gak ruwet minta ampun…pengendara kendaraan bermotor pada tertib…pejalan kaki bisa nyaman berjalan di trotoar…asap2 knalpot gak mengepul begitu tebalnya di langit jakarta…

wuiiihh…bahagia banget gw…sebahagia cinta gw diterima luna maya deh…

qeqeqe…becanda om, tante…si luna sebenernya udah jadian sama ariel…cuman mereka gk mengakuinya aja di media…

PLAKSS **%^##!!}}{::!!!!!

tapi kalo dipikir2 lagi…sebab musabab jakarta jadi seperti ini (heboh bin macet) sebenernya sih awalnya adalah kesalahan pemerintah jadul kemaren…menjadikan kota ini sebagai pusat ekonomi yang paling dominan dibanding kota2 besar lain…efeknya ya seperti ini deh…banyak pendatang yang akhirnya mencoba peruntungan di jakarta, karena kebingungan nyari pekerjaan di desanya…pekerjaan y gitu2 aja…cukup buat kebutuhan primer aja…apalagi kalo penghasilan jadi pengemis di jakarta aja lumayan banget…gimana gak ngiler orang2 buat dateng ke sini…walaupun banyak juga yg akhirnya luntang lantung…mau mudik aja duit gk punya, atau bahkan duit buat makan rutin sehari aja gk punya…

gimana gk mencoba peruntungan di jakarta…kalo perusahaan2 atau pabrik2 yang siap menampung tenaga2 kerja lebih menjanjikan…gaji dan fasilitasnya di banding perusahaan atau pabrik di daerah…

hingga gw teringat lagu yang berjudul…”Siapa Suruh Datang Jakarta”…well, jangan salahin mereka kalo menurut gw…salahin sistem dan keadaan yang mengundang mereka…

___***___

kota pelabuhan ini sebenernya kalo ditata bener2 dari awal, dan kota bandar yang sebenernya kalo tata ruangnya gak dikorbankan dengan “upeti” dari pemilik tanah ke pemerintah daerah…sebenarnya bisa menjadi kota yang nyyuuuuaaaamaaaan banget buat ditinggalin…walau…catat, walau banyak pendatang yang memadati kota ini…

menurut gw…asal…tata ruangnya bagus…konsisten di mana pusat hiburan, belanja, perkantoran, pemerintahan, dan residential…dan asal…kota ini bisa memanusiakan penghuninya dengan fasilitas umum yang terawat…transportasi massal yang manusiawi…pedestrian yang leeeebuuuaaaarrrr dan nyaman…dan ruang2 terbuka yang tersebar di penjuru kota…

gw makin betah deh beredar di jakarta…

saat ini…yah…ngurut2 dada ajalah…toh kalo seandainya gw pindah tempat tinggal ke bogor yang angkots bangets…atau bekasi yang gersang bangets…atau tangerang yang ujung bangets…atau mungkin depoks yang macet bangets…suaaamaaa aja…y gitu2 aja situasinya…

yah mendingan di sini aja, tinggal di perbatasan jakarta pusat dan timur…mau ke Menteng tinggal lari…mau ke Sudirman tinggal gowes…ke Gading tinggal ngesot…ke Monas tinggal jalan…ke Kantor juga tinggal loncat…

___***___

heh…kapan2 gw pengen deh ngerasain tinggal di singapura…kuala lumpur…kota2 di australia…gk usah jauh2 deh kotanya…cuman pengen ngerasain gimana rasanya tinggal di kota yg teratur dan disiplin…šŸ˜¦

soalnya ngerasain itu di jakarta…sampe gw jadi buyut juga kayaknya susah terwujud…

“sigh”

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s