Karena gw Gk Nyaman Menyimpan Uang di Bank Konvensional…

partnerships1Kalian semua tau kan kalo Gaji dan Tunjangan tiap bulan, langsung masuk ke rekening BRI…nah ketika setengah tahun yang lalu gw mulai dapet gaji yang bener2 masuk rekening…saat itu adalah pertama kalinya gw punya rekening bank sendiri…dulu gw bener2 gk pernah bersinggungan dengan hal tersebut…secara kalo butuh, alhamdulillah gw tinggal minta doank sama nyokap…jajan seminggu buat di kosan ketika kuliah pun gw mintanya pas gw balik ke rumah hari sabtu/minggunya…atw kalo gw males balik…bokap paling nitip ke ibu kos gw…secara mereka sekantor…

nah…secara BRI adalah bank konvensional, saat itu gw berpikir gw juga harus punya rekening bank syariah…secara lo tau sendiri kalo bunga bank itu hukumnya adalah…??? Ayo apa anak2…iya betul…haram…ihhh kalian pinter ya…tapi tetep kalian gk akan ngalahin pinternya kakak…ahahahahahaha….

(bener2 orang aneh)

Rencananya sih rekening syariahnya gw pilih BSM buat jadi pendamping BRI gw… dan gw bakal mindahin secara berkala uang gw dari BRI ke BSM…tujuannya meminimalkan pengkali persentase bunga yang gw dapet…dan mengamankan uang gw dari hal2 yang haram/syubhat…

nah Jumat kemaren…asli gw gundah banget…pasalnya ketika gw cek BRI gw…udah banyak uang yg kesimpen di sana…gawat, pikir gw…saat itu gw penginnya buru2 mindahin ke BSM…ya udah gw coba transfer via ATM…cuman diminta kode referensi…apa ini…?? Gk ngerti gw…!! Secara gw bener2 gagap rekening bank…akhirnya gw dateng ke BRI kantor cabang KP depkeu di depan kantor BKF…deuuhh…ramenya euy…

ATM pun gw sambangin…biarin dah orang2 pada lama nungguin gw…secara setiap ngambil, maksimalnya cuman sejeti…

okeh…masukin kartu…pin…pencet-pencet…ngambil kartu…ngambil duit…itung duit…masukin ke amplop…berkali2 gw ulang sampe abis limit transaksi sehari…

ketika gw setor ke BSM ternyata gw juga menemui masalah…jaringannya konslet…katanya ntar kalo udah bener langsung diinput ke database…dengan perasaan was2 gw meninggalkan tu kantor cabang…(gw sadar…was was nya gw…pertanda kalo diri gw masih banyak kecenderungannya terhadap harta)…tapi alhamdulillah jam 4 gw cek…uang gw udah masuk…

kesimpulannya…lo masih silau terhadap harta mip…

___***___

Nah…sebenernya fatwa bunga bank itu haram udah ada dari dulu banget…cuman di Indonesia baru difatwakan beberapa tahun belakangan ini…yang gw tahu, sebabnya adalah belum adanya alternatif buat masyarakat untuk menyimpan uang jika bunga bank di bank konvensional bener2 diharamkan (di Indonesia)…

Nah kalo sekarang udah ada alternatif yang bisa lo pake, kenapa lo masih aja nabung di bank konvensional…secara udah jelas fatwanya…

Satu hal lagi yang pengen gw angkat adalah…masalah kehati2an…(walaupun gw juga belum bisa berhati2 benar)…hati2 terhadap apa yang menjadi hak lo dan apa yang bukan hak lo…sering gak lo liat…ketika acara mabit adaaa aja orang yang ngisi batere hape dari colokan (bahasa apa ini) yang ada di masjid…padahal listrik yang lo pake belom tentu adalah hak lo bukan…?? atw ketika lo jenguk seseorang di rumah sakit…trus lo ngisi botol minuman lo dari dispenser yang tersedia di kamar rawat inap…emang lo yakin kalo air minum itu buat lo…

Lo pikir lagi…!!!

Satu lagi yang pengen gw sampein adalah…tanggung jawab lo terhadap saudara2 muslim di Palestina…isu utama yang gw angkat adalah pemboikotan produk2 Israel dan adanya alternatif produk …gini…kalo barang2 yang setiap kali lo gunain selama ini adalah produk2 Israel dan udah ada alternatif barang lain yang bisa lo pake…kenapa lo gk beralih ke produk tersebut…??!!

Oke yang lo lakukan gak signifikan…dibanding uang yang mengalir ke perusahaan2 Israel dari kelebihan uang dampak kenaikan harga minyak yang digunakan untuk membangun gedung2 pencakar langit dan pulau buatan yang gk masuk akal gunanya buat apa…

So…selama ada alternatif…kenapa tidak…??!!…karena mereka yang di Palestina adalah saudara kita juga kawanku…

___***___

Hanya ingin berbagi dan mencoba untuk lebih baik

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s