Nasionalisme

anak_indonesiagw jadi kepikiran buat menulis topik dengan judul ini setelah mengetahui ada temen yang bela2in nonton bola Indonesia vs Thailand di gelora bung karno…si temen ini (bayangin) bela2in berangkat dari serpong ke senayan…hanya cuman buat nonton pertandingan tersebut…ngebayanginnya aja gw udah bete…itu baru perjalanannya aja ya…ngeliat pertandingannya apa lagi…secara dari pertandingan terakhir indonesia vs thailand yg berlangsung berbulan2 yg lalu…yg udah gw ambil kesimpulan, kalo indonesia sulit menang dari thailand…

kok?…secara, indonesia…fisik, kalah; teknik, kalah; otak, kalah; cuman satu yg gk kalah, determinasi…kenapa dulu gw ambil kesimpulan kayak gitu…soalnya dulu…pertandingan terakhir itu, tim thailand (walaupun tim senior) rata2 umur pemainnya 25 tahun…indonesia, 28 thn…intinya thailand akan semakin berkembang…paling gak selama 3 tahun ke depan indonesia sulit menang…

oke kembali ke temen gw yg bela2in pergi dari serpong ke senayan…selain gw males ngebayangin gimana kondisi jalanan dari serpong ke senayan…secara jam pulang kerja gitu loh…nasionalisme gw udah tergerus…jadinya nalar gw tentang analisa pertandingan tersebut yg kemungkinan sulit dimenangin timnas, menguasai sepenuhnya diri gw….mengalahkan rasa harap akan kemenangan timnas karena landasan nasionalisme…

kok nasionalisme lo bisa tergerus gitu mip…

eh lo nanya nih…

ya ampun pertanyaan itu, jawabannya bisa panjang banget tau…tapi paling gak gw kasi tau beberapa…

pertama…nurdin halid masih jadi ketua PSSI…denger komennya pas keluar penjara kemaren sama gelagat pengurus PSSI selama ini ketika FIFA turun tngn soal statuta yg bentrok sama AD ART PSSI…bikin gw sebel…

kedua…ketika tim thomas indonesia gagal mempertahankan gelar 6 tahun yg lalu…

ketiga…ngeliat pilkada jakarta yg partai2 berbondong2 ngeroyokin adang-dani…keliatan jelas banget kepentingan di belakangnya…(waktu itu gw gk nyoblos…males jalan dari kosan ke rumah…kalo nyoblos, jelas gw nyoblos adang-dani)

keempat…ngeliat perilaku orang2 di jalan raya…dari segala strata sosial…tingkat pendidikan…level ekonomi…keliatan deh belangnya kalo udah ada di jalan…

kelima…ngeliat foto2 para caleg dan capres yg gk fotogenik dan kini lo bisa liat di mana2…bikin ruwet…sewot malah…persis ketika dulu gw selalu liat kumis pas pilkada…foto mereka gk sedap banget di mata soalnya…jauh mendingan foto Anne Hathaway deh yg dipajang2 gitu…

keenam…kelakuan pelaku bisnis…baik sektor swasta ataupun BUMN…satu kata, BOBROK!!! (makin tergambar jelas ketika gw kenal beberapa orang yg berkecimpung di sana dan ketika temen2 gw udah pada kerja di sana)

heh…!!!kata nasionalisme udah gk berarti apa2 buat gw…lo tau?…menurut gw kalo indonesia mau bangkit…harus ada revolusi…revolusi budaya…(untung bukan gw sebut evolusi y?)…

lo tau?…kebangkitan indonesia…gw rasa baru akan terjadi beberapa puluh generasi lagi…kalo kata orang…indonesia akan menjadi negara keren beberapa puluh tahun lagi…itu gk akan menjadi kebangkitan paripurna bangsa ini…sifatnya parsial…
nah dalam proses mewujudkan revolusi budaya tersebut…tinggal lo pikir…lo mau gak jadi bagian para perubah…atau jadi orang biasa yg hanya peduli sama kebutuhan dan kepentingan lo sendiri…
atau paling minimal…lo ilangin deh kebiasaan ngucapin kata2…

“ah ini udah biasa kok!”…

“yang laen juga ngelakuin ini kok!”…dan,

“ntar aja ah”…

______**______

HUHH!!!

4 Comments

Filed under Uncategorized

4 responses to “Nasionalisme

  1. bayu200687

    sabar bro…
    revolusi ga terjadi tiap dua hari sekali…

  2. bayu200687

    ga tahu! kyahahahaha
    kerentz ajah kata2 itu…:mrgreen:

  3. mip2

    KAAAAMMMMSUUUDDDNYYAAAAAAAA!!!!!!!!????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s