Dilema no. 2

Dilema no. 2 gw

Dilema no. 2 gw

dilema no. 2 gw adalah ketika gw berada di perempatan cempaka mas, pasar mayestik Blok M, dan lampu merah jalan raya puncak Bogor…

kenapa jadi dilema…karena gw bakalan pikir2…bener2 berpikir baik tidaknya untuk ngasih derma kepada orang yang meminta2 di pinggir jalan itu…kenapa…??

karena di satu sisi…mereka adalah tanggungan kita untuk diberi pertolongan dan diringankan kesulitannya…

tapiiiiiiiii…kalo lo tahu…pengemis2 di perempatan cempaka mas itu sebenernya ada koordinatornya…dan menurut laporan sebuah media…kalo kekayaan koordinator mereka itu bener2 wah!!!…gw jadi berpikir…ngapain gw ngasih uang buat orang yang mengambil untung dari orang lain (para pengemis)…

trus kalo lo liat di jalan raya puncak…menurut obrolan gw sama supir angkot jurusan ciawi-cisarua…ketika para pengemis itu berada di luar jam “dinasnya”…dilepas deh tuh semua atribut kemiskinan yang mereka pakai…malahan si supir berkeluh sama gw…kalo rumahnya mereka aja lebih bagus dari rumah si supir…

nah kebayang gak lo…

mikir2 lagi deh gw…karena kalau begitu keadaannya, lebih baik gw ngasih si supir angkot aja…secara, ketauan kalo si supir udah “berusaha” mendapatkan nafkah…ketimbang “usaha” yang dilakukan para pengemis itu…

kemudian ketika gw berada di jalan pasar mayestik…gw juga mikir2 ngasih duit ke para pengamen2 cilik yang biasa mangkal di sana…karena setau gw…mereka punya supervisor (premannya) sendiri2…hal itu sama aja gw ngasih duit sama preman tanpa perlawanan (mudah2an jgn pernah terjadi sama gw)…(hehe si mip2 pengecut juga y)…dan kalo gw ngasih ke pengamen2 cilik itu…sama aja gw bikin mereka ketagihan ngamen…karena, kalo ngamen bisa dapet duit, bisa buat jajan, bisa buat bantu orang tua…ketimbang sekolah yang menurut mereka gak ada gunanya, karena gk menghasilkan duit…

duh…bener2 dilema…

tapi gw udah memutuskan…kalo gw lebih baik…menurunkan kaca jendela dan tersenyum kepada mereka…ketimbang memberi mereka uang…

derma?…biarlah diatur penggunaannya sama badan2 resmi pengelola derma…

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

