I Wont…

Promise...

Promise...

Postingan ini sebenernya udah pengen gw tulis semenjak dua minggu yang lalu…tapi ya…secara lo tau kalo minggu2 itu gw jarang dapet waktu kosong jadinya ya gw simpen dulu dan baru bisa gw tulis sekarang deh…

Ceritanya hari minggu sore itu…eh salah abis maghrib itu gw lagi di atas pengen nonton tv…ya udah…eh gw liat adek gw yg cowok lagi nonton “toy story”…waw…film favorit gw waktu dulu nih…udah lama kagak gw tonton…tapi gw urungkan tuh nonton toy story-nya…ke bawah aja lah…secara gw butuh suasana rame, karena pas keluyuran hari minggu itu akhirnya harus diakhiri dengan debat sama tawar menawar harga sama tukang buku…maen ngotot2an waktu itu…pada gak mau ngalah…gw yang udah males karena udah sore masih gak rela dikasih harga segitu…si abangnya juga ngotot kalo untungnya nanti jadi sedikit kalo dikasi harga segitu…wuahh…bener2 menguras tenaga deh…

Udah deh gw milih ke bawah…soalnya kayaknya di bawah ada bonyok sama adek gw yang cewek…berharap di bawah juga nonton toy story…eh malah pada nonton termehek2…pikir gw…ni acara juga termasuk keren sih…jadinya gw jabanin aja tuh nonton termehek2 bareng2…

Pas di episode itu…ceritanya ada seorang kakak (cewek) yang lagi nyari adik (cowok) sama ibunya…si kakak ini tinggal di kota yang berbeda sama adik dan ibunya…nah si kakak ini nyari duit tuh buat dikirimin ke adiknya buat ngurusin ibu mereka…secara ayah mereka udah meninggal…nah…si kakak pada suatu saat kehilangan kontak sama mereka…karena pengen tau kabar adik dan ibunya dia minta bantuan tim termehek2 deh…

akhirnya dimulailah pencarían adik dan ibu si kakak itu…hingga…dalam proses pencarían itu diketahui fakta yang menyesakkan sang kakak…ternyata si adik terlibat hutang cukup besar…makin kaget lagi si kakak…ternyata hutang itu berasal dari judi…si adik ternyata kalah banyak banget..sampe dikejar2 penagih utang segala…lo bisa bayangin sebanyak apa tuh utangnya…bahkan rumah warisan ayahnya dijual sama si adik…bayangin…rumah yang menurut gw diamanahin kepada kedua anaknya untuk dijaga dan dipake buat ngerawat ibunya yang udah tua…mengetahui hal ini si kakak kaget banget…gw bisa liat itu dari raut wajahnya…wajahnya saat itu bingung…cemas…gak tau apa yang terjadi dan gak tau kenyataan pahit apa yang akan dihadapi nanti…apalagi dia juga gak tau nasib ibunya kayak gimana…

hingga ketemulah sang adik…pas ketemu mereka malah berantem…iya sih secara si adiknya emang kurang ajar…pas dilabrak kakaknya, si adik bukannya malu, malah lebih nyolot…padahal kakaknya cewek…gak malu apa sebagai cowok…sudahlah mereka berantem tapi buru2 dicegah sama pembawa acara…hingga kondisi pun mulai mendingin…si kakak nanya…di mana ibu?…si adik hanya bisa diam…dimana?…gw juga gak tau…

kemudian…adegan selanjutnya yang bikin gw miris dan sakit hati…adegan selanjutnya ternyata si kakak beradik ini udah berada di panti jompo…mereka jalan cepet banget…entah? Apa yang mereka rasakan…ngerasa gk ingin diikuti kamera atau udah kangen dan ingin segera meminta maaf sama ibunda…huahh…yang pasti waktu itu gw hanya bisa bengong…gk abis pikir…hingga…tampaklah sosok ibunda yang dulu bahkan sampai sekarang pun masih menyayangi anak2nya…walaupun dulu suka gangguin waktu tidur ibunda karena mereka menangis karena haus dan kepanasan…walaupun dulu suka ngebantah omongan ibunda…walaupun dulu suka ngambek hingga diemin ibunda sepanjang hari…walaupun sekarang ia ditelantarkan di panti jompo padahal inilah saat2nya ia menghabiskan waktu berkualitas dengan anak2nya…melihat kedua anaknya tiba2 muncul di hadapannya ia hanya tersenyum…ia tahu kalau anak2nya adalah anak yang berbakti…ia tahu saat ini akan datang…Ia yakin benar kalau saat ini akan datang…

senyumnya pun serta merta berubah menjadi tangisan seiring pelukan kedua anaknya di pundaknya…ia menangis…mengangguk-angguk…mengusap ubun2 kedua anaknya dengan tangannya yang kasar karena keriput…sedangkan kedua anaknya hanya bisa menangis sejadi2nya…dada mereka sesengukan…dan kedua tangan mereka memeluk erat ibunda tercinta…tiada kata2 di antara mereka…ucapan batin saat itu lebih bermakna daripada kata yang keluar dari ucapan…

**********************

panda, si pembawa acara ikutan nangis, mandala tercenung, nyokap, seperti biasa nangis kejer…gw yang lagi tiduran di sofa ngedongak…yahhh…si mami mulai deh…adek gw yg cewek senyum2 ngeliatin nyokap…dan mulai mengalungkan tangannya ke nyokap…gw dan adek gw, secara bersamaan ngomong, “yah, mulai deh”…trus nyokap nyaut…”nanti mama jangan ditaruh di panti jompo ya” sambil sesengukan…walaupun sambil sesengukan, kata2 itu terdengar jelas sama kita berdua…

bokap yang dari sore udah bete gara2 sesuatu hal beranjak ke kamar sambil nyaut…”makanya kalo maghrib jangan nyetel tv…”…gw ngedongak hingga tampak wajah nyokap ada di bawah sambil bilang tanpa perasaan, “ya nggak lah mi…udahlah gk usah nangis gitu…malu tau”…adek gw yang cewek ketawa2 di pangkuan nyokap sambil ngerangkul dan bilang “gak bakalan kok…”…dan adek gw yang cowok…asik nonton buzz lightyear sama woody berantem, di atas…huaah…bener2 keluarga yang mengalami disfungsi…hehehe…

dan…di blog ini…gw mencatatkan ikrar gw…kalo “gw gk akan masukin nyokap gw ke panti”…gk akan!!!…kalian jadi saksi ya…tolong ingatkan gw…

udah ah…layar si laptop udah gak jelas…pandangan gw udah nge-blur…

4 Comments

Filed under Uncategorized

4 responses to “I Wont…

  1. mibnufajar

    Ya ampyun..mengharukan skali..

    Jadi kangen nyokaaaaaaaaaaaaaaappppp…

  2. mip2

    ewwww….ada mami…kangen nih sama mami…

  3. whoever

    Untuk postingan yang satu ini aku kasih nilai 9 buat kamu.. Nah nilai yang 1(kekurangan untuk menuju angka 10)-nya lagi bakal aku kasihin ke kamu when u’ve proven ur promise.. Okay..🙂

  4. aitum iras

    wih… bagus banget isinya. jadi sedih. jadi langsung kebayang nyokap jauh di sana. punya anak 6 tp semuanya jauh…, so sorry mom…
    gmn gw nanti ya..???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s