Menjadi Tua?Menjadi Dewasa?

Sebelum gw mulai bahasan ini…gw mau bilang kalo gw gk ulang tahun bulan ini…bulan kemaren ataupun bulan depan…ok!!!

Abis baca postingan di blognya mantan ketua Kopma FKM UI…gw jadi inget…akan apa yang gw rasain selama tiga kali gw berulang tahun dalam tiga tahun terakhir…pada ulang tahun ke-20, 21 dan 22…(apa sih yang lo rasain?)…bukan seneng dan gembira…tapi perasaan gk rela…(gw ini emang aneh)…ya…gw gk rela…karena gw merasa benar2 sadar sebenar2nya sadar kalau seiring bertambahnya umur…berarti lo harus semakin berhati2 dalam segala tindak tanduk lo…karena apa yang lo lakuin akan berkonsekuensi langsung ke diri lo sendiri…tanggung jawab pun semakin banyak yang harus panggul…

Ketika gw berulang tahun ke 20…Gw sebel sama temen2 yang ngucapin selamat…yang sms gk gw baca isinya…yg nelpon gw curhatin abis2an…intinya gk ada seneng2nya dah… menjadi tua memang suatu keniscayaan…dan konsekuensi bertambahnya tanggung jawab memang secara otomatis akan berjalan seiring bertambahnya usia…huah!!!..sehebat apapun gw mengeluh…gw gk akan terhindar dari itu semua…

Waktu gw sd…suatu waktu gw nangis… gw menangis karena gw gk ingin mati…gw ingin hidup selamanya…abadi…dan memandangi generasi yang tumbuh dan berakhir berulang2 menjadi impian gw saat itu…bebas…hidup tanpa konsekuensi…tapi gw sadar…hal itu gk bisa gw lakuin…karena kematian adalah keniscayaan manusia…mengetahui hal itu gw bener2 nangis…gk tau apa yg akan gw alami pasca kematian…

Gk ada yang salah kok sama tanggung jawab…secara gw sadar gw punya tanggung jawab terhadap orang lain dan Allah…dan dari yang gw laluin selama 22 tahun ini…gw juga mengamini kalau di balik beratnya tanggung jawab juga terdapat kepuasan tersendiri ketika lo berhasil menjalankan tanggung jawab itu…tapi…gw gk rela…entah kenapa gw merasa belom bisa memulai dasawarsa ketiga dalam hidup gw ini dengan perasaan tenang…kata seseorang gw ini “orangnya dalem”…mungkin itu yang bikin gw tersiksa…tersiksa karena gw jadi benar2 jelas melihat semua konsekuensi dan tanggung jawab yang terhampar di jalan yang akan gw lalui sekarang…esok…atau lusa…

Tapi entah apakah ada lusa…?

1 Comment

Filed under Uncategorized

One response to “Menjadi Tua?Menjadi Dewasa?

  1. kangpandoe

    kata orang menjadi tua pasti tapi menjadi dewasa adalah sebuah pilihan…🙂

Leave a Reply

