1 Syawal

akhirnya hari kemenangan tiba…walaupun menurut gw definisi hari kemenangan itu harus diredefinisi…karena menurut gw dari berbagai macam orang yang berpuasa…atau bahkan tidak berpuasa (bukan karena uzur)…hari kemenangan sebagai salah satu istilah hari raya idul fitri…mempunyai makna yang berbeda buat masing2 orang…ada yang menganggap hari kemenangan karena bebas bisa makan dan minum lagi…ada yang bisa bebas berbohong atau berbuat tidak terpuji lainnya…ada yang akhirnya menjadi orang yang benar2 baru…berubah ke arah yang lebih baik selepas ramadhan…ada yang mempunyai lembaran baru…dirinya putih sebersih kalbu bayi yang baru lahir…ada yang merasa menang sebab penghasilan ketika ramadhan benar2 bertambah berkali2 lipat…sebab…bukannya meresapi nilai ramadhan yang mengajarkan agar bisa bertenggang rasa atas hidup saudara2 yang kurang beruntung…justru gaya hidup konsumtif yang meningkat seakan air luberan sungai2 yang tidak sanggup menanggung air hujan hingga mengakibatkan banjir bandang…atau ada yang merasa menang sebab ketika pulang ke kampung halaman…ia membawa pulang dan menunjukkan materi yang berhasil dikumpulkannya kepada keluarga, kerabat, dan warga sekampung…ia bangga, merasa menang…ah…semua itu gw kembalikan kepada masing2 orang…

hari kemenangan juga ditandai (oleh sebagian orang) dengan berpakaian baru…gw gak tau apakah gw juga termasuk orang2 yang menang menurut mereka…sebab hingga malam takbiran…gw sepotong pun tidak memiliki baju baru buat dipakai berlebaran…aduh maaf…sebab esensi lebaran menurut gw gk dilihat dari baju yang baru sih…gw lebih suka ngeliat orang2 berpakaian rapi…mencirikan takwa…daripada baju mengkilap yang bikin silau orang2…atau bikin cemburu orang2 yang kurang mampu…atau bahkan mereka muak kali ya?

1 syawal gw…gw mulai dengan solat maghrib…abis itu benerin komputer…rese banget kan…rusak pas malem lebaran…jam 1/2 10-an gw ke rumah si tukang provokator…malam itu ada acara bakar ayam…di sana udah ada si monyet polos…orang ethiopia…calon dokter edan…papanya anak2…dan botak gila…kemudian menyusul anak gank namru…calon tajir…hakim bao…ijah…mantannya anak jenius…sama kiki u’u’…(anak2 yang gw sebutin gk bakal gw kirimin sms lebaran soalnya udah ketemu sih…hehehe)…di sana ternyata udah menunggu 6 potong ayam yang sudah dibagi menjadi 20 bagian…sudah teresap bumbu…tinggal menunggu panggilan api yang menjilat2 memanggil ketika arangnya mulai dipanaskan…

bakar ayam itu menurut gw lebih baik daripada bakar daging kambing atau sapi ketika hari raya kurban…sebab:

1. makan banyak2 gk bakal bikin lo mabok…dan pusing seharian keesokan harinya…

2. gampang mateng…

3. daging lebih empuk…

4. bakarnya relatif lebih cepet…

jam 12 malam…beberapa orang pulang…jam 1 malam sedikit orang pulang…hingga sisanya termasuk gw pulang sekitar jam 3 pagi…NGANTUK…gw gk tau apakah besok gw bakal bertahan melek seharian…

malam itu pun selain diisi dengan acara bakar2…dan bcanda2 gk jelas…juga diisi sama ngirim dan bales…sms lebaran…ini dia tradisi baru selain mudik yang udah turun temurun di negeri ini…sms lebaran kelak juga akan menjadi tradisi lebaran baru…banyak lho sms lebaran yang aneh dan gk jelas yang mampir ke hape gw atau temen gw…kalo gw pribadi…gw ingin sms lebaran yg gw kirim nyangkut banget atau gk…berbekas sedikit-lah…di ingetan orang yang gw kirimin sms…jadi gw harus ngirim sms yang sifatnya provokatif…nah…gw bikin dua versi deh…versi satu buat cowok dan versi dua buat cewek…isi sms-nya adalah…

versi buat cowok: met idul fitri ya…(^o^).mudah2an ibadah di bulan ramadhan kemarin diterima semua…amin.(>_<).salam sayang dari mip2

versi buat cewek: met idul fitri ya…(^o^).mudah2an ibadah di bulan ramadhan kemarin diterima semua…amin.(>_<).salam manis dari mip2

hehehe gw gk berani nyantumin salam sayang dari mip2 di sms versi buat cewek…takut mengundang…mengundang perkara…tinggal urusannya pidana atau perdata…lho kok?

sms lebaran ternyata isinya aneh2…kata2nya juga aneh2…dari yang standar…terus sms yang udah gw liat 2 atau 3 tahun yang lalu…(copy pastenya liat2 donk…di-update kek sama jamannya)…sms bahasa inggris yg gw gk tau pengirimnya ngerti apa kagak…sms yang di bawahnya ada tulisan *****_famly…mungkin copy paste lupa diedit atau maksudnya apa gw gk ngerti…atau sms bahasa jawa…yang pengirimnya bukan anak STAN atau orang jawa…justru temen SMA dan masih kuliah di UI…mungkin ada yg tau artinya…tulisannya kayak gini…”Mangayubagyo purwakaning wulan Syawal ingkang dipun berkahi sih kanugrahaning Gusti Allah.Kulo ngaturaken sugeng riyadi 1429H”…dan ketika ni sms gw tunjukin ke temen gw…die malah ketawa2…keren katanya…ada yg sms yang nyampe ke gw tanda tanya semua…katanya sih tulisan arab…plis…hape gw masih hape jadul…gk gw ganti2 karena belom ilang2 dan belom rusak2…atau sms dari orang yang udah ngebet nikah dan tercermin dari isi smsnya yang setelah kata2 mulia itu tertulis “******(nama pengirimnya)_belum berkeluarga”…ya…kalo ngebet disegerakanlah…atau sms orang narsis yang isinya “Michael Jackson, Beyonce, Madonna dan gw beserta segenap manajemen mengucapkan selamat hari raya idul fitri”…atau yang ngajakin ribut dulu “Anj*** lo!!!, Mony** lo, (dan bla2x kata kasar lainnya trus diikuti), maapin gw yak”…dan sms yang paling unik…ngirim sms kosong…kalo yang dikirim bales balik…nanya maksudnya atau ada apaan…langsung dibales smsnya dengan “kata bapak, lebaran itu kita jadi kembali putih bersih”…hahaha keren…

esoknya…gw bener2 menikmati solat idul fitri dan tergopoh2nya orang2 ketika berangkat maupun ketika pulang solat…pagi itu sampe siang gw pake waktunya buat sungkeman ke nyokap bokap…makan…acara halal bihalal tiga RT di lapangan sekolah deket rumah…ke rumah sodara…dan siangnya gw dah gk bisa nahan keinginan mata gw…gw tidur…siang itu sebenarnya ada sodara gw di rumah sampe jam 3-an…tapi dengan terpaksannya gw cuman nemuin mereka sebentar…di alam mimpi udah kadung siap penyambutan datangnya jiwa gw ke sana…zzz…

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

