canggung…

pengemis cilik

pemulung cilik

huaahh…ini dia postingan yang gw bilang…gw akan tulis ketika gw posting “car free day yang norak…”canggung”…canggung akan apa…kenapa…dan ketika apa…?lo akan tau sebentar lagi…

gk tau kenapa…gw merasa canggung kalo ngebawa mobil sendirian…canggung…karena gw seakan-akan seperti orang2 sombong yang gila harta…orang2 sombong yang gk peduli sama orang miskin dan kaum dhuafa…seakan-akan gw seperti orang2 yang angkuhnya menegakkan kepalanya padahal di bawahnya banyak orang2 miskin yang butuh bantuan lo…yg butuh kasih sayang lo…dan butuh perhatian lo…

gw selalu canggung kalo ngeliat ada pemulung…pendorong gerobak sampah…tukang2 jajanan…seumuran anak kecil yang umurnya di bawah gw atau sepantaran gw atau sudah berumur sekali…tiba-tiba berpapasan sama gw di jalan…atau ketika gw lagi beli susu murni nasional dan tiba2 mereka lewat di hadapan gw…gw gk bisa ngeliat mata mereka…gw merasa malu…gw merasa gk berguna…gw gk berani bertatapan mata langsung dengan mereka…sering…akhirnya gw menunduk…malu…malu akan ketidakbergunaan gw…malu karena gw belom bisa mensyukuri nikmat yang gw dapat selama ini…malu karena mereka sangat bekerja keras…malu karena mereka tidak kenal lelah dalam berjuang…mengarungi hidup ini…malu karena sedikitpun gw belom bisa membantu mereka…hahhh!!!…Sedikitpun gw gak bisa menatap mata mereka…mata yang sedikitpun tidak meratap…dan tidak menyesal…gw malu akan diri gw…dan gw hanya bisa menangis…

ketika itu…beberapa kali gw harus ngebawa mobil ke kantor…karena keperluan yang memang perlu…saat itu yang ada di pikiran gw…gw gk mau lama2 di jalan…gw harus cepet sampe rumah…entah kenapa…ketika gw bawa mobil…seakan2 gw menjadi orang angkuh…yang enak2an ngerasain AC…nyamannya jok mobil…padahal di luar sana orang2 mau makan tiga kali seharipun sulitnya bukan main…saat itu ketika gw lagi nyetir…kepala gw selalu menunduk…atau kalo nggak menunduk tangan kanan gw…gw cantolin di tatakan yg ada di pintu mobil…dan telapak tangannya nopang dagu gw…mata gw…gw arahin ke atas…menerawang…sebenarnya gw udah menjelma jadi orang2 itu gak sih…gw udah jadi seperti orang2 angkuh itu gk sih…mungkin gw udah jadi seperti mereka…dan gw gk rela gw kalo gw akhirnya menjadi seperti mereka…gw gak rela…sedikitpun gw gk rela…

akhirnya gw merasa plong ketika saat itu dari kejauhan gw ngeliat rumah gw…gw ingin cepet2 sampe rumah…akhirnya gw parkirin mobil secara kasar…dan masuk kerumah…saat itu ada nyokap…biasa…menyambut anak tertuanya…walaupun gw sempet bikin nangis beliau…walaupun gw sering becandain bliau…tapi die masih nyebut nama gw di dalam doanya…die masih doain gw di raudhah…huahh…dan saat itu ketika gw pulang…entah kenapa…gw langsung bilang gini ke nyokap…”ma…kayaknya aku gk bisa nih bawa mobil ke kantor…”…saat itu nyokap gw langsung bengong…entah apa yang dia pikirin…mungkin mikir kalo anaknya udah tambah sontoloyo…

BODO’

kemudian semalam…ada kakek2 yang datang ke rumah gw…dari tampangnya yg gw kenal dikit…dia adalah kakek yang tinggal di agak sebelah belakang rumah gw…bokap nyokap lagi ke jawa…saat itu dia minta tolong kalo dia butuh uang buat berobat…setiap malam dia gk bisa tidur karena sakit yang teramat sangat…

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

