sensasi…

Sepenggal kisah masa2 gw kuliah dulu…gw kombinasiin sama postingan lawas…

Ini dia sepenggal kisah gw waktu kuliah kemaren…bisa gw bilang kalo ini adalah kisah yang menutup masa kuliah gw dengan manis…bagaimana tidak manis…karena gw akhirnya merasakan perasaan yang sangat gw rindukan…dan tidak gw temuin di kampus…entah perasaan apa…gk bisa gw utarakan…sulit…ceritanya waktu itu gw udah mulai masuk ke masa2 penulisan karya tulis…nah…mip2 yang terlanjur gk pengen ribet sama penulisan karya tulis (karena sudah terpengaruh sama miskinnya tantangan di stan) ini akhirnya memutuskan untuk mengambil tema dari mata kuliah sistem akuntansi…terkadung mata kuliah ini favorit di kampus buat dijadiin tema penulisan karya tulis…mip2 akhirnya harus buru2 bikin outline dan harus cepet ACC dosbing…ahh…mip2 waktu itu berada di titik nadir paling rendah kapasitas semangat…tak ada gairah…bahkan pesimis tuh tema bisa dibikin…cari punya cari objek penulisan…akhirnya ketemu di kopma FKM UI…kenapa gw milih anak kuliah…soalnya seumuran ma gw…terlebih pengurusnya pasti angkatannya sama ma gw…angkatan 2004…dan kenapa UI…karena gw pengen ngerasain atmosfer kampus laen… waktu itu SPMB gw gagal…gagal masuk kedokteran UI…(ketinggian kali ya buat mip2)…ya udah…ditimbang2 antara Tknk Informatika STT Telkom dan Akuntansi STAN akhirnya gw memilih STAN…karena lebih deket…bukan di bandung…dan sabtu minggu bisa pulang(walaupun pada akhirnya sabtu minggu belom tentu pulang karena aktivitas yg menuntut)…kenapa UI…karena…gw dah bosen sama STAN…

Akhirnya lewat telepon jowe…ups o iya…waktu itu gw lagi di masjid depan kampus…lupa gw namanya apa…waktu itu lagi nyeruput es…dan abis makan mi ayam…gw paling suka tu tempat…tenang…gw gk memilih pandangan jalan raya bintaro…tetapi sungai yang memisahkan gedung kampus dengan masjid…o iya…dan akhirnya lewat hapeny…gw berhasil bicara sama tu ketua kopma…

Ini dia postingan gw di milis waktu itu…

“nah….ini dia…tadi abis ngbrol ma ktw Kopma FKM UI….Mip2 jadi semangat lagi…soalnya dia (namanya Lita) excited banget pas mip2 nanya2 tentang kopma…sepertinya mip2 harus bisa memberikan kontribusi terbaik buat mereka…harapan mip2 sih dari tugas akhir yang mip2 bikin…kalo bisa…menghasilkan rekomendasi atau manfaat buat objek karya tulis mip2…..
emang sih….mip2 pikir….ide karya tulis mip2 ini gak Wah dibanding tema dari temen2 kebanyakan di STAN…tapi gak masalah ah…kalo bisa bermanfaat…itu udah cukup buat gw….coba dulu ngajuin ke dosen…Doakan jadi ya…dan ketika tadi ngobrol trus mendengarkan dan merasakan semangat Lita tadi…makin menambah semangat Mip2…Ghraaaaa!!!!!!!!!
Doakan ya…..”

Postingan selanjutnya…

“Nah akhirnya…alhamdulillah proposal /outline karya tulis mip2 disetujuin ma dosen….hoy…mip2 bakal nongkrong di FKM selama 2 minggu nih…ya…rencana mip2 sih dari pertengahan mei sampe awal juni gitu deh…Ya mudah-mudahan bisa ngerjain lancar-lancar aja…”

Postingan selanjutnya…mip2 waktu itu merasa lelah…jengah…

“Im tired….so tired….Hhhhhhh….
Then agung replied :
Jika tubuh terasa lelah, raga serasa ingin menangis atas beban2 yang ada, Istirahatlah, tapi ingat Jangan pernah berhenti

Agung Rahmat Saleh”

Balasan agung Coca Cola (cowo cakep cowo idola) itu akhirnya membangkitkan kembali semangat gw…karena waktu itu disaat penulisan karya tulis gw juga punya amanah yang harus gw penuhi juga…hhh…thanks gung…

Saat itu gw juga sempet posting dengan tema antusiasme…

“antusiasme.. .. sepele gak sih sebuah antusiasme itu…. gak… gak sepele…. malah antusiasme itu punya arti penting loh buat orang lain…..

sebelum masuk ke topik…. kita bahas dulu antusiasme itu apa sih….antusiasme itu berarti sebuah sikap atau ketertarikan, dilandasi rasa semangat, ingin tahu, keinginan lebih besar dibanding biasanya, dan perhatian yang lebih terhadap satu objek atau beberapa hal…(ini gk gw ambil dari literatur manapun…dari cablakan gw sendiri…jadi jgn komen)

dalam hubungan interpersonal, antusiasme itu ditandai dengan sikap memperhatikan orang lain, adanya keinginan untuk ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain, dan tentunya sikap menghargai orang lain…

Nah kadang-kadang ketika kita bergaul nih…. antusiasme cukup berperan loh terhadap kualitas hubungan kita dengan orang lain…antusiasme yang kita tunjukkan berupa nasihat, mau menerima kunjungan orang lain dan gak ngusir buru-buru, walaupun yang bertamu juga musti tau diri… trus kemauan untuk mendengarkan. … keinginan untuk memberikan seseorang apa yang ia butuhkan… hal2 itu semua akan berpengaruh terhadap hubungan kita dengan orang tersebut

nah…. antusiasme itu mau gak mau harus kita tunjukkin apa pun keadaan kita…. mau lagi bete kek. sebel kek. seneng kek. lagi gak punya duit kek…nenek nya mana…..

kok gitu… ya…. secara kita itu mahluk sosial… keseharian kita gak mungkin gak ketemu ma orang lain….. dan kalau kita mau dianggap sebagai orang yang exist…. yang orang lain anggep dan sayangi…ya sikap antusias ketika ketemu ma orang harus kita tunjukkin… SETIAP SAAT….Secara mip2 dah ngalamin sendiri ngadepin orang yang antusias ma gak… itu rasanya gimana…..

Ya…. baru-baru ini mip2 ngerasain banget antusiasme agung ma ayu yang dah ngasi semangat…. aduh kebantu banget deh…. trus waktu mip2 mau nyusun karya tulis…pas ngomong ma si nurlita tsania ketum kopma FKM UI…. waduh rasanya ngebangkitin semangat banget buat nyelesein tugas akhir…gw gk bakal ngelupain tuh orang….dan momen momen lainnya yang bikin mip2 ambil kesimpulan kalo… antusiasme yang orang lain tunjukin ke kita…itu bakal menambah semangat hidup….

Nah… antusiasme itu pentingkan.. ..

makasih buat agung ma ayu chan atas semangatnya. …..
Ciayo buat Kalian………..”

dan akhirnya karya tulis gw jadi…makasih buat rekan2 kopma yang udah nyediain waktu dan jasad di sela2 kesibukan kalian…akhirnya gw dapet A- buat karya tulis gw…hehe A- kok bangga ye…BODO’…

akhirnya ditutup sama postingan gw dua bulan yang lalu…mengenai kekhawatiran gw sama Universitas Indonesia…

“sebenarnya ini adalah tema yang udah pengen gw tulis di pertengahan tahun lalu…cuman tau kenapa gw bisa lupa…
nah sebenarnya gw cukup prihatin nih…sama keadaan kampus UI…yang dulu sering gw denger adalah kampus rakyat…namun semakin kini…yang gw liat sepanjang proses ngambil data di UI buat bahan tugas akhir gw kemaren…yang gw liat justru gaya hidup dimana materi itu adalah tolak ukur dari status…materi itu adalah tujuan hidup…yang sangat terlihat menonjol dibanding gaya dan kebiasaan hidup lainnya…

menurut gw UI sudah kehilangan predikatnya sebagai kampus rakyat…

apalagi sekarang gw denger dan liat kalo biaya untuk kuliah di sana muahal…dan susah dicicil…kalo dicicil pun masih itungan juta…walaupun. ..gw masih yakin kalo ada program beasiswa buat mahasiswa2 gk terlalu mampu di bidang finansial…yakin…seyakin- yakinnya. ..karena gw masih sangat berharap kalo UI itu masih kampus rakyat…

menurut gw UI sudah kehilangan predikatnya sebagai kampus rakyat…

waktu itu ketika gw pulang…gw mikir dalem…karena yg gw liat…orang2 seperti itu nantinya bakal jadi orang yg kurang peduli sama sekelilingnya…padahal bangsa ini butuh perhatian lebih… butuh untuk membangun bangsa ini..butuh juluran tangan mereka untuk membantu rakyat bangun dari kemiskinan dan kebodohan…

menurut gw UI sudah kehilangan predikatnya sebagai kampus rakyat…

tapi gw gak rela…

karena dalam keras kepalanya gw…gw masih berharap kalo UI itu adalah kampus rakyat…terlebih kalo melihat si al yang ketua senat…topik yang berada di badan legislatif kampus…teman2 yang melakukan advokasi buat maba…

hingga akhirnya pas gw mampir ke Masjid Ukhwh Islmyh (MUI) dan gw melihat seonggok sepeda sedikit butut…dan kemudian pemiliknya.. .seorang mahasiswa… menghampiri sepedanya… lalu mengendarainya…serta merta…gw menjilat ludah gw lagi…dan berpendapat kalo…

UI masih kampus rakyat…

dan kini ketika program sepeda di lingkungan kampus mulai berjalan…dan apakah membuat gw semakin yakin kalo UI itu adalah kampus rakyat…jawabannya adalah TIDAK!!!!

sebab lo gk akan melihat itu sebagai sebuah kesederhanaan. ..kalo itu sudah menjadi bagian dari gaya hidup…

tetapi yang penting…UI masih kampus rakyat…dan mudah2an tetap begitu…”

Lah…trus apa yang lo rasakan…sehingga lo berpendapat kalo masa2 lo bikin karya tulis itu adalah momen yang manis buat menutup masa perkuliahan lo…(mip2 yang aneh)…

Iya sih…apa ya…mungkin ini…campur aduknya perasaan gw kali ya…gw seperti merasakan sensasi yg belom pernah gw rasakan selama tiga tahun gw kuliah…

Iya…tapi apa momen manis itu…?

Sensasi itu mungkin…tapi entahlah…

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s