Platanus Garden

Here in Platanus Garden..

Sitting by one of Them..

Glancing at The Sky..

When the afterglow is so fine warm..

Sneaked out of Platanus Leaves..

Here in Platanus Garden..

Inhaling aromatic air..

from Platanus trunk and Platanus Leaves..

Having my head pointed upward..

Trying to breath deeper and deeper..

extasy of Platanus..

seems like obsess me more than i feel before..

Platanus that mounted so high..

Platanus Leaves that spreading disorderly..

Fumbling the Sky Bravely..

Greeting the Wind Tenderly..

Platanus..

U are a metaphor..

Metaphor of firmness and consistency..

existency and flaccidity..

Platanus Garden..

seems that i ll visit U oftenly in the next following days..

1 Comment

Filed under Uncategorized

Mister Blue Sky

Hi mister…

You re living here today…

Right when im so in blue…

Hey, hey Mister…

Why you had to hide away for so long…

The sky was cloudy yesterday…

Even, mister night was so creepy…

Hey, hey Mister Blue Sky…

Im so pleased to see you…

See that Mister…?

There even not a cloud in sight…

Everybody is cheering…

Because it is a new beautiful day mister…

Look at Mister Sun…

He shines brightly…

Everybodys in a play…

As i running down the street…

Smell that mister…?

That Flower scent…

Ahhh…

Mister Blue Sky…

Im glad youre living here…

You did it so right Mister…

Dont let that mister creepy night come again…

Ok šŸ™‚

Ahhh…

Mister Blue Sky…

Im glad youre living here…

Here in My Heart…

(^^)

Leave a comment

Filed under Uncategorized

2 Tahun Penempatan

Konsekuensi…itu kata yang paling tidak harus lo pahami benar2…baik makna harfiah maupun makna maknawiyah serta filosofi2 yang mengekor di belakangnya, ketika lo memutuskan untuk menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Kedinasan pencetak para penjaga keuangan negara…

pencetak para penjaga keuangan negara ? …yah, setidaknya itu yang diharapkan…sebab, pada akhirnya, tidak sedikit juga yang gw temui…menyerah pada sistem bobrok yang sudah mengkarat…atau justru turut mengkarati sistem tersebut…walaupun gw sepenuhnya sadar…kalau…mengubah sistem tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan…hingga diperlukan sebuah usaha yang kontinyu dan konsisten dalam segi kuantitas dan kualitas…

tapi setidaknya paradigma sudah berubah, sistem juga perlahan demi perlahan mengalami perbaikan…setidaknya itu yg gw dengar ketika mengobrol di tengah2 break rapat dengan ibu2 pejabat menengah di kantor…katanya, “udahlah, mengutip2 uang di jaman sekarang ini udah bukan jamannya lagi…apalagi bermain2 dengan proyek kegiatan, dsb…sekarang jamannya transparansi dan akuntabilitas…kalau ingin negara yang lebih baik…kita yang musti nyontohin kepada generasi2 muda itu”…atau ketika dua hari yang lalu gw mendengar cerita bapak2 pegawai Kantor Pelayanan Pajak yang setahun lagi akan pensiun, “jaman sekarang mas, udah gak bisa lagi nego2 sama wajib pajak…orang yang bisa, saya kasih empat jempol deh…karena y itu mas, pengawasannya udah ketat banget…”

sekarang, kita mau jadi bagian dari perubahan atau tidak..??

___***___

*ngomongin konsekuensi kok jadi ngalor ngidul gini y*

yah itung2 refleksi diri…secara suka males mengerjakan pekerjaan audit…

Smangat Mip..!!

___***___

balik ke konsekuensi, emang ada y..? ya adalah…paling gak ada dua konsekuensi yang harus diterima seseorang ketika memutuskan untuk kuliah di STAN…pertama adalah, gak boleh nikah ketika masa kuliah…(hehehe)…yang kedua adalah harus mau menerima takdir dimana daerah penempatan kita nantinya ketika lulus nanti…

hehehe…konsekuensi pertama, gak ada masalah…toh gw juga gak berniat menikah di usia2 tersebut…qeqeqe…nah konsekuensi kedua nih…yang bikin gw kepikiran…secara departemen keuangan, di perbatasan negeri ini pun masih punya kantor daerahnya…bahkan pulau terpencil sekalipun atau bahkan kota yang nyempilnya minta ampun…

sebenernya…konsekuensi penempatan gak terlalu gw pikirin di tahun pertama dan kedua…secara mip2 waktu itu ngejalanin perkuliahan sambil lalu aja…dan sibuk ngurusin amanah di sekolah, sedikit di kampus, dan di lingkungan kos2an…flowing gitu aja dulu…

nah…memasuki tingkat 3…baru deh kepikiran…hingga akhirnya gw mau gak mau harus memantapkan diri gw…kalau gw akan menerima dimanapun gw akan ditempatkan…walaupun gw sempat berpikir…karena gw lahir di bandung, saat itu gw berharap bapak2 ibu2 di kepeg/biro umum/setjen yang mutusin nanti, mempertimbangkan kalo ni anak harus membangun dan mengabdi di kota kelahirannya, jadi anak ini harus ditempatkan di bandung…

(pemikiran yg aneh)

yah..namanya juga ngarep om

___***___

namun…tak dinyana…ketika kita (anak2 tingkat 3 ponjay) lagi chit chat di masjid Uswah…ada yang bilang kalo Menko Perekonomian (MP) tahun ini minta lulusan baru…dan bagi kalian yang gak tahu…kalo MP itu adalah, instansi pemerintah yang hanya punya satu kantor, yaitu di jakarta aja…dan peluang dimutasi ke daerah adalah 0%…(kecuali kalo kantornya bubar)…pheww…peluang 0% ini harus gw coba…ketimbang gw pilih Depkeu, yang belum tentu gw ditempatinnya bakalan di Bappepam, BKF, Irjen, Setjen, dan unit Eselon 1 lainnya yang cuman di Jakarta…

serius lo..??!! kalo gk salah itu frase yang gw keluarkan ketika ngobrol2 waktu itu…(keceplosan gw lo nya, karena gw emang suka ngerasa gak sopan kalo ngobrol pake bahasa itu sama anak stan) …kata temen gw sih, sepertinya begitu…y udah deh…harapan itu gw jaga, sembari mempersiapkan UKT (ujian komprehensif tertulis)…

info ini pun gk lupa gw sampein ke ortu…mereka bilang sih, “yah mudah2an bener”…secara sebenernya mereka juga agak gak sreg aja kalo gw harus penempatan jauh, well, at least itu kesimpulan gw ketika beberapa waktu yang lalu kita sempet ngobrol, dan nyokap akhirnya bercerita kalau salah satu doa beliau ketika di Raudhah Masjid Nabawi adalah beliau berdoa agar gw ditempatkan di Jakarta…

___***___

and then…an sms from kang hilman…said that, ive accepted in MP…and pointed me as a coordinator for 5 other student from akun…

it was happened two years ago…in the middle of ramadhan…

___***___

now here i am…still in jakarta…my hometown…where i spent my childhood…where memories about struggle, happiness, friendship and sadness are made…

My Lord has given this chance to me…

And I must take this chance to optimize my potential wholeheartedly and to be a worthwhile person…

Leave a comment

Filed under Uncategorized

:-)

Hemm…Bismillah…

seminggu ini entah kenapa gw sering banget berinteraksi dengan anak2 UI…senin malam kemaren gw chit chat sama anak Makara Ungu di Depok…terus minggu ini sempet ngobrol sama Mapres dari UI…anak senat dan kopma FE…alumni juga…malahan semalem gw ngabisin waktu berkualitas sama one of my best friends, anak UI…pokoknya dsb lah…terus ya biasa…basa basi dan nanya kabar…

kemudian munculah pertanyaan itu, “Mip, lo kenapa gak ekstensi di UI aja?”

hehehe…lo tau gak kawan, semenjak gw mulai ekstensi, gw itu paling seneng ditanyain pertanyaan itu…karena jawabannya adalah, “Karena gw gak rela, soalnya uang kuliah anak ekstensi itu sebagian buat subsidi anak2 S1 reguler”…hehehe…yah walaupun gw gak tau pasti apakah pernyataan gw itu bener apa gak…tapi yang pasti sih, ketika gw menjawab itu…mereka…anak2 UI itu gak ada yang nyangkal…ekspresi dan komentarnya sih, dari mengkerutkan sudut mata, menyesalkan karena gw gak membantu para kaum marginal…(yg ini gw gk tau maksudnya apaan)…ada yang langsung terdiam, ada juga yang ketawa ngakak…dan ada juga yang nanya “trus gak rela gitu?” sambil membuat mimik BJ Habibie lagi penasaran…kemudian dengan mantap gw jawab…”Nggak” sambil bermimik si Kuda lagi nyengir…hehehe…

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Ironi Hari Keuangan

Tanggal 29 Oktober 63 tahun yang lalu, di tengah2 ghirah kemerdekaan serta sikap waspadanya rakyat terhadap pasukan perdamaian yang datang pasca proklamasi…malam hari itu, pukul 8 malam waktu setempat, di gedung Radio Republik Indonesia Yogyakarta…Pak Muhammad Hatta dengan penuh kelantangan bicara dan keteguhan jiwa patriotis…mengumumkan kepada rakyat Indonesia, bahwa mulai besok…tanggal 30 Oktober 1946…uang keluaran jepang dan uang keluaran de javasche bank dinyatakan tidak berlaku lagi untuk digunakan sebagai alat tukar yang sah…

“mulai besok, rakyat indonesia akan berbelanja dengan uangnya sendiri…dan mulai besok, rakyat indonesia akan menjadi rakyat dari negara yang berdaulat atas ekonominya sendiri…”

itu kutipan perkataan pak Muhammad Hatta ketika suaranya menyebar melalui gelombang radio ke seluruh penjuru khatulistiwa yang kita cintai…penjuru khatulistiwa yang di bawahnya bertebaran tanah2 yang subur…ternak2 yang sehat…sumber2 mata air panas yang menggelegak namun menyehatkan…dan lautan yang menyelimuti pulau2 nusantara nan dipenuhi dengan kekayaan bahari yang tiada terkira…

Mungkin itulah yang menyebabkan timbulnya kesadaran dari segenap tokoh2 nasional, serta pejuang2 yang tidak kita kenal sama sekali…kesadaran kalau negara ini mempunyai potensi luar biasa…potensi yang tidak dinikmati oleh si empunya, melainkan si penjajah…hingga timbulah kesadaran dan keinginan untuk menjadi bangsa yang berdiri di atas kakinya sendiri…bebas menentukan nasibnya sendiri…dan memutuskan urusannya sendiri…

“Berdaulat atas ekonominya sendiri”…itu yang Pak Muhammad Hatta katakan saat itu…setau gw…berdaulat itu, padanan katanya adalah, berkuasa…yang berarti, maksud Pak Muhammad Hatta adalah…perekonomian yang dikuasai oleh negara kita sendiri…sulit di intervensi oleh negara lain…dan mandiri dalam segala kegiatan yang tercakup di dalamnya…

Namanya adalah Oeang Republik Indonesia…salah satu unsur kedaulatan yang harus dimiliki sebuah negara yang merdeka yang implikasinya luar biasa sekali dalam berkehidupan berbangsa..

saat itu, rakyat merasa bangga sekali memegang alat tukar yang tertuliskan Indonesia di atas kertas lusuhnya…karena uang itu bukan sekedar alat tukar, saudaraku sebangsa…itu adalah kebanggaan atas identitas sebagai rakyat indonesia…karena memegang uang kertas itu, saudaraku sebangsa…sama rasa bangganya ketika sedang memanggul senjata di garis terdepan atas perlawanan agresi militer belanda…

Ironi…

entah kalian rasakan atau tidak…? tapi ironi itu tergambar jelas di mata gw…ironi ketika cita2 pak Muhammad Hatta akhirnya harus kandas ditengah2 gelombang menghanyutkan bernama ekonomi global, atau sebutlah ekonomi yang diatur oleh segelintir orang yang mempunyai kuasa atas perekonomian…kebanggaan itu akhirnya harus rela terombang-ambing oleh intervensi penjajah modern yang tidak rela negara ini menjadi mandiri…karena negara ini adalah negara yang kaya luar biasa…yang akhirnya membuat mereka takut jikalau negara ini berkembang menjadi negara besar yang kuat…

gurita ekonomi yang diciptakan penjajah itu, kini dengan mudahnya mengatur dan merusak kemandirian kita…rupiah, seperti yang kita ketahui, begitu mudahnya terpengaruh oleh kondisi ekonomi yang terjadi di negara ini ataupun negara lain…atau janganlah gejala ekonomi…statement yang dikeluarkan pihak2 tertentu mungkin saja dapat melemahkan kekuatan rupiah di hadapan mata uang asing dengan dampak yang cukup serius…

oke…sistem ternyata membuat kita terjajah kembali…namun yang tidak kita sadari adalah…”kitalah yang menyuburkan sistem tersebut untuk merongrong perekonomian kita” …kalo dalam konteks nilai tukar, atau sebutlah kekuatan rupiah atas mata uang lain…sadar tidak sadar, kita lah rayap2 yang justru menggerogoti rumahnya sendiri…

tau gak…kalo perilaku kita yang kurang menghargai produk dalam negeri ternyata mempengaruhi kekuatan mata uang kita…kalian tahu, karena kecenderungan kita yang terlalu berlebihan terhadap merek asing…baju2 yang diproduksi di dalam negeri ternyata diekspor terlebih dahulu ke luar negeri untuk kemudian dilabeli merek…karena bangsa ini lebih menyukai produk2 bermerek asing…hingga akibatnya mata uang asing semakin perkasa di hadapan rupiah karena dipakai untuk mengimpor kembali baju tersebut…

minyak mentah yang diambil dari bumi pertiwi…harus diekspor terlebih dahulu ke negara lain untuk dimasak…lalu kemudian diimpor kembali ke indonesia…alasannya…karena hal tersebut menjadi proyek lazim dari oknum2 jahat untuk meraup keuntungan dari sumber daya yang seharusnya untuk menjamin kesejahteraan rakyat…

heh…

Merasa marah…bukan merasakan sebuah Ironi…

mungkin itu yang pak Muhammad Hatta rasakan kalau beliau melihat kenyataan tersebut saat ini…

___***___

lalu kenapa dirimu hanya merasakan ironi saja mip…bukan kemarahan seperti beliau…?

entahlah, mungkin nasionalismeku semakin tergerus…?

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Jakarta ku…

Assalamualaikum wr wb….

Met Idul Fitri Semuanyaaaa…!!

jakarta kota

nah…tadi ceritanya gw baca sebuah quick note di MP…katanya hari ini udah 10 hari di bulan syawal…hemm gak terasa ya…sebenarnya banyak yg gw rindukan dari momen2 lebaran kemaren…terlebih momen ramadhan yang berikutnya hanya bisa dirasakan di 11 bulan ke depan…

nah kalo momen lebaran itu…satu yang gw rindukan selain hal2 spritual dan sosial yang begitu terasa kemarin adalah…momen ketika jalan2 jakarta begitu lengangnya hingga lo bisa guling2an dari pulogadung sampe kampung melayu…atau ngesot dari tanjung priok sampai rawamangun…yaah saking sepinya…sehingga lo harus repot nyari2 toko yang rela buka ketika lebaran atau memang yang punya toko lagi gk mudik sehingga tokony tetap buka…

tapi btw aniwei…gw tetep menyukai situasi seperti itu…ketika hari kamis dan jumat (karena gw belom boleh cuti) gw jalan ke kantor…gw gk nyangka gw bakal ngabisin waktu di perjalanan hanya 7 menit aja…sisa 3 menit gw abisin di parkiran dan ngabsen fingerprint yang ogaaaah banget ngebaca garis2 jari di jempol gw…total 10 menit gw abisin waktu dari rumah hingga ruangan…padahal biasanya 20 menitan…

phewww…

waktu itu gw berandai2…kalo jakarta seterusnya bakal kayak gini…terminal gak ruwet minta ampun…pengendara kendaraan bermotor pada tertib…pejalan kaki bisa nyaman berjalan di trotoar…asap2 knalpot gak mengepul begitu tebalnya di langit jakarta…

wuiiihh…bahagia banget gw…sebahagia cinta gw diterima luna maya deh…

qeqeqe…becanda om, tante…si luna sebenernya udah jadian sama ariel…cuman mereka gk mengakuinya aja di media…

PLAKSS **%^##!!}}{::!!!!!

tapi kalo dipikir2 lagi…sebab musabab jakarta jadi seperti ini (heboh bin macet) sebenernya sih awalnya adalah kesalahan pemerintah jadul kemaren…menjadikan kota ini sebagai pusat ekonomi yang paling dominan dibanding kota2 besar lain…efeknya ya seperti ini deh…banyak pendatang yang akhirnya mencoba peruntungan di jakarta, karena kebingungan nyari pekerjaan di desanya…pekerjaan y gitu2 aja…cukup buat kebutuhan primer aja…apalagi kalo penghasilan jadi pengemis di jakarta aja lumayan banget…gimana gak ngiler orang2 buat dateng ke sini…walaupun banyak juga yg akhirnya luntang lantung…mau mudik aja duit gk punya, atau bahkan duit buat makan rutin sehari aja gk punya…

gimana gk mencoba peruntungan di jakarta…kalo perusahaan2 atau pabrik2 yang siap menampung tenaga2 kerja lebih menjanjikan…gaji dan fasilitasnya di banding perusahaan atau pabrik di daerah…

hingga gw teringat lagu yang berjudul…”Siapa Suruh Datang Jakarta”…well, jangan salahin mereka kalo menurut gw…salahin sistem dan keadaan yang mengundang mereka…

___***___

kota pelabuhan ini sebenernya kalo ditata bener2 dari awal, dan kota bandar yang sebenernya kalo tata ruangnya gak dikorbankan dengan “upeti” dari pemilik tanah ke pemerintah daerah…sebenarnya bisa menjadi kota yang nyyuuuuaaaamaaaan banget buat ditinggalin…walau…catat, walau banyak pendatang yang memadati kota ini…

menurut gw…asal…tata ruangnya bagus…konsisten di mana pusat hiburan, belanja, perkantoran, pemerintahan, dan residential…dan asal…kota ini bisa memanusiakan penghuninya dengan fasilitas umum yang terawat…transportasi massal yang manusiawi…pedestrian yang leeeebuuuaaaarrrr dan nyaman…dan ruang2 terbuka yang tersebar di penjuru kota…

gw makin betah deh beredar di jakarta…

saat ini…yah…ngurut2 dada ajalah…toh kalo seandainya gw pindah tempat tinggal ke bogor yang angkots bangets…atau bekasi yang gersang bangets…atau tangerang yang ujung bangets…atau mungkin depoks yang macet bangets…suaaamaaa aja…y gitu2 aja situasinya…

yah mendingan di sini aja, tinggal di perbatasan jakarta pusat dan timur…mau ke Menteng tinggal lari…mau ke Sudirman tinggal gowes…ke Gading tinggal ngesot…ke Monas tinggal jalan…ke Kantor juga tinggal loncat…

___***___

heh…kapan2 gw pengen deh ngerasain tinggal di singapura…kuala lumpur…kota2 di australia…gk usah jauh2 deh kotanya…cuman pengen ngerasain gimana rasanya tinggal di kota yg teratur dan disiplin… šŸ˜¦

soalnya ngerasain itu di jakarta…sampe gw jadi buyut juga kayaknya susah terwujud…

“sigh”

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Mau NgeDrift…?? pake Bom Bom Car aja…!!!

Nah lo…? Drifting…? Bom Bom Car…? makanan apa aja tuh…

Bom Bom Car

Bom Bom Car

hmm…baiklah pertama2 gw jelasin dulu kali y…Bom Bom Car itu adalah suatu wahana kayak di dufan gitu…pake mobil2an listrik trus biar mainnya seru ditabrak2in deh sama kawan sepermainan yg juga mengendarai mobil2an tersebut…kalo di dufan nama resminya Bumper Car…kalo di luar negeri kayak di Six Flags gitu…namanya dodgems…

udah lah…namanya bom bom car…pada ngerti kan…?

Drifting

Drifting

nah kalo drifting itu…adalah, teknik ngepot atau ngesot…hhh apa y padanan katanya dalam bahasa indonesia…pokoknya teknik biar ban2 mobil pada kehilangan traksi sehingga ngesot deh…

(balik lagi ke kata ngesot)

suster…makanannya abis nih….!!!!

iya mas…saya datang…(sambil ngesot)

nah…si mip2 pembalap wanna be ini akhirnya hanya bisa mupeng2 gajel ngeliat aksi pembalap di tv…apa lagi mw nyobain ngedrift…ntar ban botak babe mencak2…bodi besot babe wara wiri…ya akhirnya mupeng2 aja dah…

(padahal kalo lagi gk bareng babe dan lagi jantan, gw bener2 jadi gila di belakang setir…puasss)

ada pengalaman unik mengenai drifting…tahun kemaren pas hari2 libur lebaran…gw dan kawan2 anak Rohis diSMA dulu, puter2 jakarta hingga akhirnya terdampar di ancol…nah gk tau kenapa, kawan gw yg bawa mobil, si ketua senat FE kampus kuning itu jadi gajel trus bilang ke gw…mip ajarin gw ngedrift…

sedikit kaget…gw iyain tuh permintaan…trus gw ajarin teknik paling sederhana…meskipun sekelebat gw lirik temen2 yg duduk di belakang, mereka langsung bergidik ketika si ktw senat bilang mw nyoba ngedrift…

ini adalah teknik yang paling cupu buat ngedrift…dan paling bisa dilakuin di parkiran ancol yg sepiiii banget….caranya adalah menarik rem tangan bersamaan dengan membanting setir ke arah yg kita inginkan…dengan begitu ban belakang menjadi terkunci namun momentum geraknya masih bisa ngalahin gesekan ban…hasilnya adalah bagian belakang mobil bakalan ngesot…

cuman…dari setengah jam-an si anak senat nyoba2…gk bisa2 tuh…y iyalah…top speedny gk nyampe kang…mobilnya tipe MPV…yah berat atuh bagian belakangnya…lagian di kursi belakang ada dua manusia yg barusan aja kekenyangan…w2y dan si coca cola (cowok cakep cowok idola)

walaupun pada akhirnya sempat dua kali ban berdecit sebentar di kedua percobaan terakhir…cuman gk kerasa nge-drift nya…jadilah setengah jam-an itu bukannya suara decitan yg sering terdengar…melainkan paduan suara, dua anak cowok yg duduk di belakang…dan gw yg ada di samping pak kusir…tuk tik tak tik tuk suara sepatu kuda…

qeqeqeqeqe…

pokoknya kita semua sport jantung deh sama kelakuan si anak senat yg masiiiih aja penasaran pengen ngedrift…kita kompakan deh paduan suara…keluar suara auooooooo….suara anoa….aummmmmmmm…eh itu singa yha…? trus ada suara kebo…mbeeeeekkk…tapi untungnya suara kentut gw gk kedengeran…qeqeqeqe…masuk angin bos…qeqeqeqe

nah kalo mau ngedrift…pake bom bom car aja…ada satu teknik ngedrift yg bisa dilakuin pake bom bom car (BBC)…caranya…lo usahakan kecepatan BBC lo maksimum…trus lo banting deh setirnya ke kiri atw ke kanan..hal ini bakalan bikin suspensi belakang menghentak dan bikin ban belakang drifting…

gak percaya, kalo hal itu bisa dilakukan…percaya deh…gw bisa kok…dan salah satu motivasi gw maen BBC itu yha ngerasain ngedrift…nah pas udah ngedrift…jangan lupa stabilkan posisi BBC dengan memutar setir ke arah sebaliknya…jadinya lo bakalan terus berada di jalur berbelok lo…

sensasinya euy…mantap nian…gforce ny kerasa…hal yg gk bakal bisa gw alami dengan mobil beneran…hehehe…cupu banget y gw…

dan satu hal lagi yg gw suka adalah…drifting yg lo lakukan berulang2 bakalan menarik perhatian orang2 yg nunggu di jalur antrian…lo bakal jadi artis di sana…gw rasa dalam hati, mereka bilang…gila…keren banget nih orang…

hahahaha…

nah terakhir, olahraga otomotif mempunyai resiko yang besar….jadi utamakan faktor keselamatan…pasang sabuk pengaman…pakai helmnya…mari kita beraksi di atas Bom Bom Car…

khakhakhakhakha…

1 Comment

Filed under Uncategorized